• October 8, 2021
  • ptmilajunios
  • 0

Di masa seperti ini banyak yang tengah menghadapi berbagai masalah. Terutama dengan kondisi finansial yang semenjak menyebarnya virus corona keseluruh dunia, sehingga membuat Kesehatan finansial seseorang menjadi menurun bahkan dari pada sebelum-sebelumnya. Hal ini tentunya tidak jarang penyebabnya bisa timbul dari diri kita sendiri juga loh.

Tanpa disadari atau tidak, kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi menyebabkan masalah keuangan menjadi tidak sehat yaitu meliputi beberapa faktor. Seperti, gaya hidup yang boros, tidak bijak mengatur/mengelola keuangan, memiliki banyak hutang, tidak adanya tabungan/dana darurat, dan tidak memiliki perencanan keuangan untuk masa depan.

Namun setiap orang pasti ingin memiliki kondisi finansial yang sehat dan ideal. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan yang bijak agar kondisi finansial tetap sehat? Juga dimana kita semua diharapkan untuk bisa beradaptasi saat beraktivitas di tengah pandemi covid-19 ini.

Simak tips berikut ini yuk Sobat Milajuniors, agar dapat membantu sobat-sobat dirumah dan dimanapun berada bisa tetap memiliki keuangan yang sehat.

Disiplin Mengelola Keuangan

Pengelolaan finansial dapat dikatakan sehat ketika pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Kondisi itu tentunya harus bisa didapatkan dengan tetap memenuhi semua kebutuhan pokok, serta memiliki bagian khusus untuk tabungan atau investasi.

langkah pertama, perlunya melakukan atau menyusun anggaran. Setelah itu, alokasikan pemasukan sesuai dengan perencanaan keuangan yang telah dibuat, dan disiplinlah mengelola keuangan sesuai dengan anggaran.

Memiliki Dana Darurat

Dana darurat bisa digunakan untuk kebutuhan penting yang sifatnya mendesak misalnya ketika Anda dipecat atau mengalami kebangkrutan bisnis. Orang yang telah menikah dan memiliki anak sebaiknya menyiapkan dana darurat minimal 12 kali pengeluaran rutin bulanan.

Manfaat dana darurat membuat Anda harus menyisihkannya secara teratur setiap bulan. Dana darurat sebaiknya tidak digunakan untuk hal-hal yang sifatnya tidak esensial, misalnya travelling, membeli kendaraan bermotor baru, atau bedah plastik untuk kecantikan.

Menabung di Awal Bulan

Kondisi keuangan yang sehat adalah menabung di awal bulan. Setelah memenuhi kebutuhan rutin bulanan, jangan lupa menyisihkan uang untuk ditabung. Sehingga nantinya memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau gaya hidup.

Namun jangan menjadikan gaya hidup lebih dahulu yang utama daripada tabungan sebab hal tersebut rentan membuat semakin boros dan tak punya sisa uang untuk ditabung. Alangkah lebih baik lagi bila memiliki rekening tabungan khusus yang terpisah dari tabungan utama untuk kebutuhan belanja.


Menghindari berhutang

Hutag merupakan salah satu kendala dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Karena bila berutang, otomatis harus menyisihkan penghasilan untuk mengalokasikannya dalam membayar tagihan hutang setiap bulannya.

Ada baiknya jika menyelesaikan segala bentuk hutang yang dimiliki. Menyelesaikan hutang ini bisa jadi langkah awal dalam pengelolaan keuangan yang sehat di masa depan.

More Info :

Hotline : 087873007900 / 087782676817

Instagram : Mila&Juniors

Facebook : Mila&Juniors

Youtube : House of Wika by milajuniors

Website : https://milajuniors.com/

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Selamat Datang di Pemanas Air Wika by Mila & Juniors, ada yang bisa kami bantu..