• June 30, 2021
  • ptmilajunios
  • 0

COVID-19(coronavirus disease 2019) merupakan  penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019 yang dapat menimbulkan gejala gangguan pernafasan akut seperti demam diatas 38°C, batuk dan sesak nafas. Pada penderita COVID-19 yang berat, dapat menimbulkan pneumonia, sindroma pernafasan akut, gagal ginjal bahkan sampai kematian.COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet (percikan cairan pada saat bersin dan batuk), tidak melalui udara.

seseorang yang terinfeksi COVID-19 bisa menimbulkan berbagai kondisi, baik yang bergejala ringan, sedang, berat, atau tanpa gejala. Bagi mereka yang positif Corona tanpa gejala .Saat terinfeksi Corona, banyak masyarakat yang khawatir dan bingung mengenai apa yang harus dilakukan

Umumnya isolasi mandiri di rumah dilakukan jika pasien tidak bergejala sama sekali atau hanya mendapat gejala ringan seperti batuk atau sakit tenggorokan. Begini tata cara/tips isolasi mandiri dirumah agar cepat pulih :

1. Sediakan oxymeter di rumah

Oximeter berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen di dalam tubuh sehingga kita harus waspada bila saturasi oksigen di dalam tubuh kita berada di bawah 95 terutama bagi seseorang yang tidak memiliki Riwayat sakut paru .

2. Gunakan cairan pembilas hidung

Cairan pembilas hidung yang berfungsi untuk membersihkan dan melancarkan saluran pernafasan dilakukan pembilasan sebanyak 3x sehari

3. Berkumur menggunakan obat kumur antiseptic

Lakukan berkumur menggunakan obat kumur antiseptic sebanyak 3x sehari berguna untuk membersihkan virus yang ada di rongga mulut dan tenggorokan .

4. Latihan pernafasan secara berkala

Melakukan Latihan pernafasan secara berkala,dapat menggunakan alat bantu seperti sedotan dan gelas yang berisi air yang diberikan cairan antiseptic .caranya :Tarik nafas lalu buang nafas  melalui sedotan secara perlahan sampai udara di dalam paru kita terasa habis , membuang nafas Panjang itu akan membantu untuk mengeluarkan udara kotor  di dalam  paru kita .

5. Kondisikan tidur dalam posisi tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap dengan menggunakan bantal yang menompang bagian dada dan wajah kita karena dalam keadaan tengkurap pertukaran oksigen dalam paru menjadi lebih lancar.

6. Konsumsi obat dan vitamin

Tetap Konsumsi obat dan vitamin yaitu vitamin C,vitamin D3 dan zinc sesuai anjuran dokter.

Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala yang dialami apabila kondisi kita semakin memberat  segera periksakan diri anda kerumah sakit.

More Info :

Hotline : 087873007900 / 087782676817

Instagram : Mila&Juniors

Facebook : Mila&Juniors

Youtube : House of Wika by milajuniors

Website : https://milajuniors.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Selamat Datang di Pemanas Air Wika by Mila & Juniors, ada yang bisa kami bantu..