11 Manfaat menakjubkan mandi air hangat
  • December 30, 2020
  • ptmilajunios
  • 0

Kebiasaan mandi air hangat mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Air hangat yang disiram ke seluruh badan, dipercaya dapat memperlancar peredaran darah pada tubuh. Selain itu, mandi air hangat juga dinilai dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga dapat mengurangi rasa stres.

Lebih dari itu, mandi air hangat disebut masih menyimpan berbagai manfaat menakjubkan bagi tubuh. berikut beberapa manfaat air hangat bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Manfaat mandi air hangat mampu membantu detoksifikasi tubuh. Dalam hal ini, air hangat dapat membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh. Getah bening ini akan menyebabkan keluarnya keringat yang akan membawa racun dan bakteri dari dalam tubuh. Tidak heran jika setelah mandi air hangat, tubuh terasa lebih segar dan sehat.

2. Meningkatkan pernapasan

Temperatur dari air hangat dan tekanan pada dada Anda ternyata mampu meningkatkan kapasitas paru-paru serta asupan oksigen.
Sama seperti efek bersauna, menurut beberapa studi yang berkembang, manfaat mandi air hangat bisa menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kontrol terhadap gula darah, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi Susah Tidur

Manfaat mandi air hangat yang sayang dilewatkan adalah mampu mengatasi susah tidur. Bagi Anda yang mempunyai masalah ini, ada baiknya segera mencoba mandi dengan air hangat. Saat mandi dengan air hangat, suhu tubuh akan meningkat dengan sendirinya dan akan perlahan menurun setelah selesai mandi.

Perubahan suhu inilah yang merangsang efek kantuk dalam tubuh. Dengan begitu, akan timbul perasaan ingin cepat tidur sehingga jika dilakukan secara rutin, masalah susah tidur tidak akan menghampiri lagi.
Bagi Anda yang mengidap insomnia, mandi air hangat sebelum tidur, bisa dicoba.

4. Membakar kalori

Dalam sebuah penelitian, mandi air hangat terbukti mampu membakar kalori Anda. Para peneliti meminta 10 pria untuk mandi air hangat dan berendam. Hasilnya, para responden tersebut mengalami pembakaran 126 kalori per jam. Jumlah ini biasanya baru bisa dicapai ketika Anda jalan kaki sekitar 25-30 menit. Dalam penelitian yang sama, terdapat kesimpulan bahwa manfaat mandi air hangat juga bisa menghindari lonjakan gula darah setelah makan.

5. Meredakan rasa sakit pada tubuh

Berendam dalam bak besar yang penuh air hangat, bisa meredakan rasa sakit pada tubuh. Ada penelitian yang memperlihatkan kasus pada pengidap penyakit Ehlers-Danlos. Penyakit ini membuat tubuh penderitanya sangat “ringkih”. Penelitian tersebut membuktikan, mandi air hangat bisa membuat otot-otot tubuh penderita Ehlers-Danlos rileks. Sehingga, rasa nyeri pada tubuh, bisa diredakan.

6. Meningkatkan kesehatan & Kecerdasan Otak

Manfaat mandi air hangat yang terakhir mampu meningkatkan kecerdasan otak. Mandi air hangat atau berendam di air hangat dapat menenangkan sistem saraf, serta mampu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang ada dalam tubuh. Mandi air hangat juga terbukti dapat menurunkan tingkat stress dan kecemasan, sehingga dapat berpengaruh secara langsung pada suasana hati.

Bukan hanya itu, sensasi hangat yang didapatkan dapat meringankan rasa sakit dan tidak nyaman pada tulang belakang. Bahkan dikatakan, mandi air hangat mampu meringankan gejala penyakit Parkinson. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mulai mempraktikkan berendam atau mandi air hangat secara rutin. Dengan begitu, berbagai manfaat kesehatan bisa didapatkan dengan mudah.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat mandi air hangat selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah laporan pada tahun 2014, menunjukkan bahwa air hangat bisa meningkatkan aliran darah pada penderita gagal jantung. Sebab, pembuluh darah akan melebar ketika terekspos dengan temperatur tinggi.
Kemudian, pada sebuah studi tahun 2012, air hangat juga terbukti bisa meredakan kekakuan pada pembuluh darah.

Studi itu memperlihatkan, partisipan yang memasukkan sebagian kakinya ke dalam air panas selama setengah jam, mampu meredakan pembuluh darah yang kaku.

8. Meredakan sakit kepala

Manfaat mandi air hangat selanjutnya adalah meredakan sakit kepala. Umumnya, sakit kepala terjadi saat pembuluh darah di kepala mengalami penyempitan. Dengan mandi air hangat, dipercaya pembuluh darah di kepala akan merasa rileks dan lepas dari tekanan, sehingga sakit kapala dapat diredakan.

Kapan waktu terbaik untuk mandi air hangat? Seperti yang sudah dijelaskan, manfaat mandi air hangat mampu meningkatkan kualitas dan durasi tidur Anda. Akan tetapi, kapan waktu terbaik untuk mandi air hangat, agar bisa merasakan manfaatnya? Untuk menemukan waktu terbaik untuk mandi air hangat, para peneliti mencari jawabannya dalam lebih dari 5.000 studi.

Hasilnya, waktu terbaik untuk mandi air hangat ialah 1-2 jam sebelum tidur. Walau begitu, perlu diingat bahwa Anda disarankan tidak berlama-lama ketika mandi air hangat. Cukup 10 menit saja, untuk bisa membantu tingkatkan kualitas tidur.

9. Menurunkan Tekanan Darah

Seperti yang telah diketahui, mandi air hangat sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Manfaat mandi air hangat yang satu ini, sangat baik dilakukan bagi Anda yang memiliki kondisi jantung tidak sehat.

Manfaat ini bisa didapatkan dengan berendam air hangat dalam beberapa waktu. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba cara ini. Sebab, mandi atau berendam air hangat bisa meningkatkan denyut jantung.

10. Menghilangkan Stres

Manfaat mandi air hangat berikutnya dapat menghilangkan stres. Sensasi hangat dari air yang disiram ke seluruh tubuh dapat memberikan efek tenang pada tubuh, sehingga bisa mengurangi bahkan menghilangkan pikiran serta perasaan stres.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa berendam dengan air hangat setelah selesai melakukan aktivitas sehari-hari. Berendam dengan air hangat juga dapat melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.

11. Menurunkan Berat Badan

Berikutnya, manfaat mandi dengan air hangat disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan hasil penelitian, berendam di air hangat secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan glukosa secara efektif pada penderita diabetes. Hal ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa mandi dengan air hangat dapat secara ampuh membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa berendam di air hangat selama 20 30 menit, setiap 6 kali dalam seminggu. Setelah melakukan cara ini, Anda akan mendapatkan hasil yang menggembirakan. Tentu saja cara ini harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Nah itulah 11 Manfaat menakjubkan mandi air hangat ya sobat Milajuniors!

Untuk memenuhi kebutuhan air panas di rumah, kami sarankan agar memilih Distributor yang memberikan pelayanan terbaik. Untuk informasi seputar air hangat lainnya dapat menghubungi kami di Media Official berikut ini:

Hotline : 087873007900 / 088298740212
Instagram : Mila & Juniors
Facebook : Mila & Juniors
Youtube: House of Wika by milajuniors
Website: https://milajuniors.com/

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh bantuan?
Selamat Datang di Mila & Juniors, ada yang bisa kami bantu..